Header Ads

WOW..! Larangan Sepeda Motor Hingga Bundaran Senayan Dibatalkan


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan membatalkan perluasan larangan melintas bagi sepeda motor hingga ke Bundaran Senayan, Jakarta Selatan. Pembatalan kebijakan ini sekaligus membatalkan uji coba larangan sepeda motor melintasi Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, sampai Bundaran Senayan pada 12 September 2017.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Dishubtrans Pemprov DKI Jakarta) Andri Yansyah mengatakan keputusan tersebut diambil melalui sejumlah pertimbangan. Dia menuturkan Dishubtrans DKI sudah melakukan kajian, berkonsultasi, dan mendapat arahan dari Dewan Pertimbangan Presiden serta anggota DPRD DKI Jakarta.
"Kemarin kan, dengan arahan dari Gubernur, kami ramu untuk saat ini pelaksanaan pembatasan belum bisa kita laksanakan karena yang pertama (Jalan) Sudirman -Thamrin sedang dilakukan pembangunan,” ujar Andri di Balai Kota, Kamis (7/9). 

Dia menuturkan pelarangan sepeda motor melintasi Bundaran HI akan dilakukan kalau pembangunan kereta cepat atau Mass Rapid Transit sudah rampung. Pembangunan MRT Jalur Selatan-Utara Fase I (Lebak Bulus-Bundaran HI) ditargetkan selesai sebelum Asian Games 2018. ”Nanti kalau selesai, trotoar sudah bagus, nanti kurir atau yang antar delivery yang biasanya gunakan motor, jadi bisa pakai sepeda," kata dia. 
Andri menilai tidak masalah uji coba pelarangan sepeda motor ini dibatalkan, meski sosialisasinya sudah dilakukan sejak bulan lalu. Menurut dia, masyarakat menjadi lebih tahu dan dapat mempertajam sosialisasi apabila pelarangan tersebut diberlakukan suatu hari.
Karena, Andri tidak menutup kemungkinan pelarangan sepeda motor bisa diterapkan. "Sebenarnya kalau bicara masalah undang-undang, perda, ya mau tidak mau, suka tidak suka, itu harus diberlakukan. Tetapi, kami harus mempersiapkan secara matang terkait masalah indikator atau syarat yang memberlakukan kawasan itu diberlakukan pembatasan sepeda motor," kata dia. 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan larangan sepeda motor
 melintas di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, mulai dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Hotel Indonesia, tahun lalu. Rencananya, pada Oktober mendatang, kebijakan serupa bakal diterapkan di Jalan Jenderal Sudirman, mulai dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Bundaran Senayan. 
Dishubtrans DKI dan Ditlantas Polda Metro Jaya sudah melakukan sosialisasi tentang aturan tersebut pada 21 Agustus-11 September 2017. Kemudian pada 12 September-10 Oktober 2017, akan dilakukan uji coba. 

Sumber : Republika.co.id
powered by Muchtar Hanafi. Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.