Header Ads

Pakai Obat Kumur terus menerus, Bolehkah ? Yuk cari tahu


Puasa Ramadhan sebentar lagi, sudah siap belum. Salah satu permasalahan ketika sedang berpuasa adalah nafas yang tidak segar. Tapi nafas orang yang berpuasa menurut hadis lebih wangi dari pada minyak kasturi. Jadi jangan risau selama kita rajin menjaga kebersihan mulut.

Sudah lumrah ketika ramadhan iklan obat kumur bersliweran di televisi. Sebenarnya boleh tidak sih menggunakan obat kumur secara terus menerus untuk menjaga kesegaran mulut ? Terutama saat sedang puasa ? Sebenernya apa sih fungsi dari obat kumur ?



Dari materi kuliah dulu obat kumur digunakan sebagai pembersih mulut dari sisa-sisa makanan gigi atau yang biasa disebut plak. Walaupun bisa membersihkan sisa makanan atau plak sebaiknya obat kumur tidak digunakan sebagai pengganti menggosok gigi dengan pasta gigi. Karna menggosok gigi tetap lebih utama dibanding hanya menggunakan obat kumur.

Sebaiknya kita tidak menggunakan obat kumur secara terus menerus karena akan mengganggu keseimbangan flora mulut. Di dalam mulut terdapat bakteri baik dan buruk, jika kita menggunakan obat kumur terlalu sering maka bakteri-bakteri ini akan mati. Akibatnya jika dibiarkan akan timbul jamur. Jika sudah begini akan lebih sulit mengatasinya.

Selain itu ada kandungan obat kumur yang mengandung alcohol. Seperti kita tahu, rongga mulut kita sangat halus dan sensitive tidak seperti kulit tubuh bagian luar. Penggunaan obat kumur yang tidak tepat dapat mengiritasi jaringan mukosa mulut karna tingginya kandungan alkohol. Jadi jangan sembarangan pakai obat kumur secara terus menerus, baiknya kita konsultasikan dulu dengan dokter gigi perlu atau tidaknya kita menggunakan obat kumur, jenisnya, dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat menyambut Ramadhan. Allahuma baligna Romadhon, Ya Allah pertemukanlah kami dengan Ramadhan, Aamiin..

Penulis : Skyred

powered by Muchtar Hanafi. Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.