Header Ads

Sudah Tepatkah waktu menggosok gigi kita ?



Ramadhan sebentar lagi nih, biar nafas kita selalu segar penting loh untuk jaga kebersihan mulut. Salah satunya dengan menggosok gigi. Sudah pada tau dong minimal sikat gigi sehari berapa kali ? Yup 2 kali. Tapi sudah tepat belum ya waktunya dalam menyikat gigi. Mungkin di televisi kita udah sering liat iklan pasta gigi yang menyarankan waktu yang tepat untuk menyikat gigi, yaitu sebelum tidur dan setelah sarapan pagi. Kenapa ?



Sebelum Tidur karena setelah aktifitas makan dan minum kita dalam seharian penuh, ada banyak sisa makanan atau istilah kedokteran giginya di sebut debris. Walaupun mungkin menurut kita bersih, tanpa menyikat gigi sisa makan atau debris akan selalu ada mengumpat di sela-sela gigi. Jika di biarkan sisa makanan atau debris ini akan menyebabkan karies atau gigi berlubang dan jika semakin menumpuk bisa jadi karang gigi. Waduh ga mau dong ya gigi kita yang bagus bisa berlubang atau di penuhi karang gigi hanya karena malas menggosok gigi di malam hari. Saat Ramadhan kita pun harus menggosok gigi sebelum tidur, karna sisa makanan setelah aktivitas makan minum ketika berbuka puasa pun meninggalkan sisa-sisa makanan yang harus di bersihkan. Ga mau kan bobo sambil pelihara kuman, bisa-bisa sakit gigi kambuh pas lagi puasa, hihihi.. naudzubillah ya bro !

Setelah Sarapan, hayo ada yang tau kenapa setelah sarapan. Masih ada ga yang sikat giginya pas mandi sebelum sarapan, hayoo ngaku aja bro.. dulu aku juga begitu tapi pas udah tau berubah Alhamdulillah masalah di mulut berkurang. Jadi begini, setelah malamnya kita sikat gigi dan bobo manis, pagi harinya saat bangun tidur mulut kita masih bersih. Buat yang muslim cukup dengan berwudhu sudah sedikit menyegarkan mulut kita bro setelah bangun tidur. Itu sebabnya karena mulut masih bersih kita bisa langsung sarapan, nah stengah jam selesai sarapanlah baiknya kita menggosok gigi. Sehingga mulut tetap segar dan bersih untuk menemani aktivitas kita seharian. Jika Ramadhan ya kita gosok giginya setengah jam selesai saur. Jadi nyaman dan seger deh puasa seharian.

Oh iya kenapa sikat gigi harus tunggu minimal setengah jam setelah kita makan, tujuannya karna pada saat kita makan email yaitu lapisan terluar gigi yang terkena gula dari makanan yang kita makan akan mengalami demineralisasi dimana lapisan email rapuh jika di gosok, sehingga butuh waktu kurang lebih setengah jam kemudian baru kita bisa menyikat gigi.

Satu lagi nih sikat gigi aja masih kurang loh, sebaiknya selain sikat gigi tepat waktu, kita juga mestinya rutin memeriksakan gigi kita setiap enam bulan sekali ke dokter gigi. Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat. Marhaban Ya Ramadhan, mari kita sambut ramadhan dangan senyum yang sehat.


 Penulis : Skyred

powered by Muchtar Hanafi. Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.